Oleh Oleh Khas Semarang Legendaris

Oleh oleh khas Semarang yang sangat terkenal yaitu wingko babat dan Lumpia. Dalam perkembangan zaman muncul beberapa kuliner baru. Kuliner baru tersebut akhirnya menjadi oleh oleh khas Semarang. Berikut contoh jajanan khas Semarang.

oleh oleh khas semarang

Oleh oleh khas Semarang

Wingko Babat

wingko babat

Wingko babat merupakan makanan khas Indonesia yang terkenal di pantura Pulau Jawa. Wingko terbuat dari kelap muda, tepung beras, ketan dan gula. Wingko babat sangat terkenal di Semarang. Sebenarnya sesuai dengan namanya Wingko Babat berasal dari daerah Babat Lamongan. Wingko babat biasanya berbentuk bulat namun ada beberapa produsen yang membuat dalam bentuk loyang besar dan dipotong kotak-kotak kecil.

Produsen wingko babat di Semarang yang sering dijumpai yaitu Moeljono, Kereta Api, Ny.Meniko. Ada pula wingko babat dengan berbagai rasa seperti coklat, durian dll yang dijual oleh Dyriana.

Lumpia

lumpia semarang

Lumpia merupakan salah satu makanan khas Semarang. Lumpia memiliki cita rasa perpaduan tionghoa dan Indonesia. Pertama kali dikenalkan pada masa pesta olahraga GANEFO pada era Soekarno. Lumpia merupakan rolade yang berisi rebung, telur, ayam dan udang. Ciri khas nya yaitu pada rebung. Terdapat 2 jenis Lumpia yaitu Lumpia Goreng dan Lumpia Basah yang mempertahankan originalitas kulit tanpa digoreng.

Lumpia biasanya disajikan dengan saus gurih, bawang merah utuh dengan batangnya dan cabai rawit. Penjual Lumpia Semarang banyak ditemui di kawasan Jalan Mataram, Jalan Pandanaran dan Jalan Pemuda. Ada pula restoran khusus lumpia yaitu Lumpia Delight dan Lumpia Express.

Bandeng Presto khas Semarang

bandeng presto

Bandeng Presto yaitu ikan bandeng yang dimasak dengan bumbu rahasia dalam panci presto. Karena cara memasak presto tersebut Duri Bandeng menjadi lunak dan dapat dikonsumsi tanpa khawatir. Rasanya sangat lezat dan bergizi tinggi. Bandeng Presto sangat baik dikonsumsi oleh anak-anak. Menurut wikipedia, sebelum terkenal sebagai oleh oleh khas Semarang, Bandeng Presto dibuat oleh Hanna Budimulya dari Pati. Awalnya hanya untuk konsumsi sendiri. Ikan bandeng dibumbui dengan bawang putih, kunyit dan garam lalu dimasak dengan panci presto beralas daun pisang.

Ikan bandeng yang digunaan banyak berasal dari Juwana Pati. Di Semarang banyak penjual Bandeng Presto ini yang menurut penulis memiliki rasa yang beragam. Anda dapat menjumpai oleh oleh khas Semarang tersebut di Jalan Pandanaran. Semisal Bandeng Juwana, Bonafide, Presto, Dyriana dan lain – lain.

Ganjel Rel

ganjel rel

Jika citarasa lumpia dipengaruhi oleh tionghoa, untuk roti yang satu ini bercitarasa Belanda. Roti ini berbentuk kotak dan berwarna coklat bertabur wijen, rasa roti ini bercita rasa kayu manis. Teksturnya ulet dan padat dengan aroma coklat dan kayu manis. Roti ini cukup mengenyangkan perut. Ganjel Rel tempo dulu teksturnya tidak selembut sekarang. Ganjel Rel selalu ada saat acara dugderan berlangsung. Kenapa disebut ganjel rel, hal ini tak lain karena selain teksturnya yang bantat, dan juga bentuknya yang seperti ganjel rel (bantalan rel). Rasanya manis karena menggunakan campuran gula aren.

Kue Moaci Gemini

moaci gemini

Kue Moaci merupakan makanan khas tionghoa yang dalam kurun waktu terakhir mulai terkenal di Semarang. Dengan brand Moaci Gemini menjadikan salah satu makanan yang diburu traveler di kota Semarang. Kue Moaci Gemini banyak dijumpai di outlet oleh oleh khas Semarang. Rasanya sangat mantap manis dan gurih.

 

Support By : www.semarangsky.com

Tinggalkan Balasan